Selasa, 31 Desember 2013

Tugas 5

TUGAS 5
Buatlah contoh sebuah paragraf yang berkaitan dengan
bidang anda sekarang !
    1. Generalisasi
    2. Analogi
    3. Sebab-akibat (kausalitas)

GENERALISASI
Ketika seseorang  ingin menjadi akuntan publik, syarat utamanya adalah harus menjadi sarjana ekonomi/akuntansi  terlebih dahulu. Namun tidak cukup menjadi sarjana ekonomi saja. Calon akuntan publik juga dituntut memiiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00. Dan calon akuntan pun harus memiliki gelar sebagai Akuntan (Akt) dengan cara melanjutkan selama 1 tahun lg untuk mengambil gelar profesi tersebit. Serta harus memiliki ketelitian serta kemampuan dalam mengolah laporan keuangan secara baik dan memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris. Ketika semua syarat tersebut sudah dipenuhi, calon akuntan harus mengkuti ujian sertifikasi sebagai akuntan publik . jadi untuk menjadi Akuntan Publik tidaklah mudah, karena harus memiliki beberapa keahlian dan harus mengikuti ujian sertifikasi .



ANALOGI
Seseorang yang menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung. Sewaktu mendaki, ada saja rintangan seperti jalan yang licin yang membuat seseorang jatuh. Ada pula semak belukar yang sukar dilalui. Dapatkah seseorang melaluinya ? Begitu pula bila menuntut ilmu, seseorang akan mengalami rintangan seperti kesulitan ekonomi, kesulitan memahami pelajaran, dan sebagainya. Apakah Diasanggup melaluinya ? Jadi, menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung yaitu banyak rintangan untuk mencapai puncaknya.



SEBAB-AKIBAT (KAUSALITAS)
Sepuluh tahun yang lalu hutan bakau dibabat habis-habisan. Lahan bekas hutan bakau didisulap menjadi tambak-tambak udang windu. Memang, pada waktu itu pengusaha udang windu memperoleh keuntungan besar karena harganya sangat mahal di luar negeri. Akan tetapi, setelah udang windu tidak laku lagi di pasaran internasional, para pengusaha kembali ke kota dan meninggalkan kerusakan lingkungan sebagai akibat dari pembabatan hutan bakau yang telah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Laut menjadi tercemar karena hutan bakau yang berfungsi sebagai penyaring limbah yang masuk ke laut sudah tidak ada lagi. Saat ini, puluhan ribu nelayan sulit menghidupi keluarganya karena tidak ada ikan yang bisa ditangkap di tepi pantai.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar